subscribe: Posts | Comments | Email

Akomodasi

0 comments
Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

Ya… singkat aja judulnya yaaa. Itu salah satu topik yang ada didalam materi yang berikan Bapak Haryono dalam Seminar Penglihatan Binokuler di RSCM Juni 2009 yang lalu. Memang topik ini kelihatannya di lewatkan saja karena memang tidak cukup waktu, namun dari bahan presentasinya saya coba untuk menyampaikan di sini semoga bisa mendapat gambar dan semoga jika ada tambahan bisa di tambahkan di komentar.

Apa itu Akomodasi…?


Definisi/ Pengertian Akomodasi adalah kemampuan dari mata untuk :  mencembungkan/memperbesar daya lensa mata sehingga stimulus penglihatan/obyek yang terletak lebih dekat dari PR (Punctum Remotum), masih dapat dilihat dengan jelas.

Ada stimulus akomodasi bahwasanya akomodasi dapat ditimbulkan/dirangsang dengan :

  • Menempatkan test objek baku lebih dekat dari PR
  • Menempatkan lensa Minus didepan mata dengan obyek baku dengan Jarak baku

Sedang respons akomodasi secara Klinis dapat diidentifikasi/diperiksa dengan :

  • Dynamic Retinoscopy (secara Obyektif)
  • Binocular Cross-Cylinder Test (secara Subyektif)

Bagaimana hubungan akomodasi dengan proses pemeriksaan..?

Pada Status Refraksi Emmetropia Punctum Remotum Emmetropia ada pada tempat yang jauh (> 6 Meter), emmetropia melihat obyek baku pada jarak 6 meter, maka akan terjadi Akomodasi = 100 : 600 = 0.17 D

Emmetropia melihat obyek baku pada jarak 4 meter, akan terjadi Akomodasi = 100 : 400 = 0.25 D, sehingga perlu diperhatikan jika pemeriksaan dilakukan pada jarak kurang dari 6 meter maka akan ada akomodasi yang lumayan dan itu tentu mempengaruhi hasil refraksi karena syarat suatu keadaan emmerropia dan pengertian kelainan refraksi lainya dengan syarat TANPA Akomodasi.

Maka solusi untuk itu adalah :

  • Apabila jarak pemeriksaan kurang 5 Meter, gunakan  cermin + Optotip khusus yang dipasang dibelakang atas tempat duduk pasien
  • Cermin pembaca + cermin pembalik obyek chart Projector. Layar dipasang  dibelakang atas tempat duduk pasien
  • Dreaming Chart, Chart yang didesign seperti monitor atau TV dengan objek di dalam namun objek itu bisa seolah berada di nun jauh di sana.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam ruang refraksi adalah sinar atau cahaya dalam ruang periksa itu, apa benar jika kita periksa mata dalam keadaan gelap, karena dalam keadaan gelap objek akan tampak jelas dan jernih, tajam. Namun ternyata bukan begitu, ada syarat cahaya ruangan yang harus di penuhi dalam standar pemeriksaan refraksi.

Ada alat yang digunakan untuk mengukur iluminasi atau pencahayaan  dalam ruang refraksi kita yaitu menggunakan Light-meter (BS 4274),dengan kondisi sebagai berikut:

  • Kartu huruf dengan penyinaran di luar: pencahayaan 480-600 lux
  • Penyinaran di dalam: pencahayaan 120 – 150 cd/m2
  • Kontras kartu huruf > 84% (BS menyatakan >90%)

Sebagai kelanjutan topik di artikel ini, maka setelah kita melakukan pemeriksaan refraksi kedua mata secara monokuler dan untuk binokulernya maka kita perlu melakukan Pengujian Beban Akomodasi .

Ya…. bagaiamana cara menlakukan Pengujian Beban Akomodasi itu…?

Caranya dengan beberapa metode berikut:

  • Tes Tutup Berganti
  • Plus to Blur
  • Tes Disosiasi Prisma
  • Tes Duo-Chrome Disosiasi Prisma
  • Tes Silinder Silang Statis Disosiasi

Bagaimana cara melakukannya…..?, baiklah kita ikuti satu persatu yaaaa… namun tidak dalam artikel ini yaaa… dah panjang… tangannya dah pegel nih.. he he he :)

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

tujuan mata berakomodasi (73), pengertian daya akomodasi mata (71), pengertian daya suatu lensa (64), daya akomodasi (44), pengertian mata berakomodasi (42), Hubungan daya akomodasi dengan cacat mata (36), apa yang dimaksud dengan daya suatu lensa (25), Hubungan Daya akomodasi mata dengan cacat mata (25), pengertian akomodasi mata (22), tujuan mata berakomodasi adalah (4), tujuan lensa mata berakomodasi (2), apa itu akomodasi (2), daya akomodasi mata adalah (2), tujuan mara berakomodasi adalah agar (1), pengertian daya akomodasi (1), mata memiliki kemampuan untuk berakomondasi apa tujuannya ? (1), Lensa mata memiliki kemampuan untuk berakomodasi daya apa yang di maksud akomudasi ? (1), apa yg dimaksud daya akomodasi mata (1), apa yang di maksud dengan daya akomodasi (1), apa itu daya akomodasi (1), Apa arti daya akomodasi? (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco