subscribe: Posts | Comments | Email

Lensa Essilor Anti-Fatigue

59 comments
Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

 Stop Anti-Fatigue Tidak bisa dielakkan lagi dunia informasi saat ini sangat berkembang pesat… nah apa hubungannya Tam…?.

Ok,… karena dunia informasi yang berkembang ini maka tidak bisa dihindari lagi oleh sebagian besar penduduk dunia dan untuk belakangan ini bangsa Indonesia juga ikut dan larut dalam arus informasi yang semakin deras. Salah satu akibat yang dirasakan adalah anda …. yaaa… anda yang sekarang membaca blog optik yang online sebagai satu-satunya referensi dunia optik, perkacamatan, lensa kontak, kesehatan mata dan lasik menuntut anda untuk membacanya dan mengunjunginya hampir setiap hari untuk menengok apakah ada informasi baru di dalamnya. Sehingga anda harus klik sana dan klik sini…, memandang isi dan membacanya… tentu ini bisa berjam-jam di depan komputer anda, dan yang akan bisa menimbulkan masalah adalah jika kondisi mata tidak fit maka efek yang pasti terjadi adalah mata terasa lelah.

Memang bukan blog ini saja yang membuat mata anda lelah, karena sebenarnya blog ini saya udah buat dengan background yang soft dan tidak cerah mencolok dimana warna yang mencolok sebenarnya menyenangkan untuk diperhatikan dan menjadikan mata kita merasa terpancing untuk selalu melotot ke sana dan itu yang menjadikan mata kita lelah oleh karena tanpa disadari kalau website itu kontras kita terus melihat tanpa kedip dan akhirnya mata (kornea) akan kering karena kedipan mata kurang. Untuk alasan itu saya buat website ini dengan warna yang kalm – soft.

Inti dari prolog itu adalah bahwa dengan munculnya dan gandrungnya sebagian besar (termasuk para RO sekarang – mungkin belum 50% yang melek komputer dan internet) membuat semua informasi akan bisa diserap dengan cepat, namun dari sisi negatifnya ada juga yaitu menjadikan mata kita cepat lelah dan memang saya belum tahu penelitiannya, tapi Dokter mata di tempat saya pernah mengatakan adanya Syndrome dari Komputer ini ke mata kita, dimana kemungkinan penambahan ukuran koreksi atau bertambahnya kelainan refraksi khususnya myopia adalah sebagai salah satu dari akibat komputer.

Maka dari keadaan itu disarankan untuk memperbaiki pola penggunaan  komputer dalam keseharian, baik dalam hal main-main atau dalam pekerjaan. Ada pasien saya yang bertanya… mana bisa saya berhenti dari komputer, lha wong saya ini data entry.. ya itulah pekerjaan saya, kalau saya berhenti didepan komputer maka saya yaaa tidak bekerja, begitu pula designer dll.

Ok lah…., anda pasti tidak bisa berhenti di depan komputer maka sebaiknya polanya dirubah, yaitu setiap maksimal 2 jam didepan komputer maka istirahatkan mata anda dari penglihatan yang membutuhkan konsentrasi dan fiksasi penuh. Maksudnya adalah anda wajib meninggalkan pandangan anda dari komputer itu selama minimal 15 menit… yaaa setiap 2 jam didepan komputer, maka istirahat 15 menit.

Ngapain aja 15 menit itu….?, baca buku kah, koreksi bon kah, nota kah, lihat TV kah……., BUKAN….

essilorItu namanya sama saja…. anda menggunakan mata anda dalam kondisi konsentrasi dan fiksasi dan tidak rileks. Terus gimana dong…. Anda harus melihat keluar ruangan, melihat yang jauh…., melihat daun hijau di pohon-pohon yang ada disekitar gedung anda. Oleh sebab itu kantor anda di sisi samping umumnya ada kaca jendela yang akan tembus keluar dan sampai pada pandangan yang jauh yang akan membuat anda rileks.

Selain pola diatas maka dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, produsen jeli melihat peluang dan memanfaatkannya dengan menciptakan sebuah inovasi produk yang akan menjadi solusi dari segala kebutuhan dan keadaan anda untuk meningkatkan kwalitas hidup yang lebih baik.

Ma’af ini bukan iklan dan memang tidak ada permintaan dan saya juga belum yakin apakah produk ini sudah ada di pasaran atau belum. Saat jalan dan biasa buat kacamata, ada selembar informasi yang sangat menarik yang mungkin ada diantara anda yang belum tahu dan bagi yang sudah tahu kiranya bisa menambahkan di komentar nanti.

Ada lensa yang meng-klaim sebagai ANTI-FATIGUE, yaaa terjemahan bebasnya berarti anti lelah. Sama halnya anda pernah dengar atau bahkan pernah minum obatnya yaitu obat Fatigon (obat untuk stamina – get spirit – kata primus) dengan analog itu maka lensa itu juga akan menambah stamina e e e menjadikan mata kita tidak lelah. Lensa itu adalah Lensa Essilor Anti-Fatigue.

Untuk siapa saja lensa tersebut direkomandasikan…?

Berikut advertorialnya……

Apakah mata anda lelah..?

Kenali gejalannya, jika anda merasa:

  • Penglihatan kabur
  • Pusing
  • Mata Panas
  • Mata tegang
  • Mata kering
  • Perasaan sakit (pada mata)
  • Sakit kepala
  • Susah konsentrasi

Maka keadaan tersebut bisa jadi adalah terjadinya kelelahan pada mata anda, untuk itu, salah satu solusinya adalah bisa diatasi dengan menggunakan Lensa Essilor Anti-Fatigue.

Lensa ini didesign untuk anda pemakai kacamata yang berusia 20 – 45 tahun yang belum presbyopia yang membutuhkan koreksi lensa minus (myopia), plus (plus jauh – hypermetropia), Cylinder (astigmatism) atau bahkan anda yang masih normal namun punya spesifikasi pekerjaan seperti diatas dan anda merasa punya keluhan seperti diatas.

Lensa ini disamping sangat cocok untuk pekerja di komputer dan membaca (orang yang gile membaca – banyak baca) juga  cocok untuk segala aktifitas misal berkendara, olah raga (dimana kacamata tidak mengganggu), bersantaipun bisa. Lensa ini juga bisa dipakai sepanjang hari atau sesekali saja, tidak masalah.

Last…

Yang pasti saya juga belum konfirmasi dan belum tahu persis trade mark lensa anti-fatigue ini merupakan bahan yang diinjeksi, sebagai satu kesatuan design atau merupakan lapisan atau coating sebagaimana crizal, alize dan sebagainya…, namun dalam aplikasinya lensa ini perfect with crizal, berarti masih ada coating di permukaannya. Dalam arti Anti-Fatigue ini bisa jadi seperti hard coat dan kemudian diluar sekali baru di coating Anti Refleksinya, atau merupakan satu kesatuan dengan design.

Mohon jika ada yang lebih tahu atau pengunjung blog ini dari pihak essilor untuk memberi keterangannya di komentar…

Semoga bermanfaat…   :)

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

harga lensa Essilor (80), harga crizal (22), evaluasi pemasangan lensa progresif (14), kelebihan fsv essilor i-relief ormix 1 60 (1)
  1. Yth. Mas Kastam

    Saya mau sharinng nih, akhir ini sya gunakan kacamata plus 2,25 dengan gradasi, sebelum nya saya pakai lensa biasa non gradasi, dengan harapan saya gunakan lensa gradasi ketika baca jarak dekat ( buku dll & sms HP) juga layar monitor bisa nyaman. Namun setelah saya gunakan untuk baca sih gak ada masalah, namun ketika lihat monitor malah sulit saya menentukan fokus nya, karena ketika melihat tulisan di monitor hanya ketika lurus saja yang fokus, dan ketika saya melirik 5-10 cm dari area fokus lurus malah menjadi kabur, sehingga saya harus mengegrakan leher haya untuk pindah baca 5 cm. Agak nya saya kesulitan, karena mata dan leher saya harus gerak miring mereng-mereng kesana kemari, untuk memfokuskan lihat monitor. Bagai manasih cara gunakan lnsa gradasi, apakah ada jenis lensa baca plus jenis lain yang bisa mengakomodir antara baca jarak 30 cm, dan monitor jarak 60 -70 cm.

    Sekian trims

    • Baik, terima kasih sudah berkunjung.
      Mungkin saya luruskan sedikit, lensa gradasi yang dimaksud adlah lensa Progressive bukan?
      Kalau iya maka… memang secara umum lensa progressive seperti itu, ada daerah jauh daerah sedang dan daerah baca atau dekat. Nah, kendalah ada di daerah pinggir dimana isinya adalah lensa yang terdistorsi alias tidak jelas. daerah sedang atau zona progressive atau lorongnya itu beda design beda produk beda beda featurenya. sehingga bisa jadi mesti pakai design lain. ada yg sempit, pendek ada yg luas dan panjang. dan semuanya ada plus minusnya.
      Sehingga ketika lensa anda terasa ketika melihat ke arah samping mesti menggerakkan kepala ke samping maka itulah cara menggunakannya, dan sebagian jenis lensa lain konon kata produsesnnya tidak usah menggerakkan kepala, cukup di lirik sudah jelas.

      mengenai lensa yang khusus untuk sedang dan dekat saja, yg intinya hanya untuk kerja monitor dan baca itu juga ada , taruhlah merk webly, desk hoya atau yang lainnya.
      Silahkan datang ke optik anda.

      tks

  2. Seru juga ya dari tahun 2009 sampai sekarang 2010 lensa Antifatigue masih ramai diperbincangkan.
    Memang benar penelitian lensa Antifatigue bukan di Asia, tetapi berdasarkan parameter umum ( mata, ergonomis, wajah ) penduduk dunia, tentunya fit juga untuk penduduk Asia.
    Lensa Antifatigue tersebut memang direkomendasikan untuk yang berusia 20 s/d 45 belum presbyop dan mengalami gejala mata lelah. Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa lensa ini mempunyai gradasi / variasi power hingga +0.6 dioptri ( max ), yang diawali dari 4 mm di bawah fitting cross. Sehingga orang yang menggunakan lensa Antifatigue hanya akan melihat variasi power tersebut pada saat melakukan aktivitas dekat / membaca / di depan komputer ( berhubungan dengan konvergensi & akomodasi ), sedangkan untuk aktivitas jarak jauh akan melihat normal seperti biasa. Dan sudah pasti tidak akan mempengaruhi power ataupun daya akomodasi serta semacamnya pada saat presbyop nanti, karena disini fungsinya bukan untuk membiasakan pemakai dengan ukuran / akomodasi tertentu, tetapi membantu si pemakai dalam berakomodasi pada saat melihat dekat, karena sudah pasti kita melakukan refraksi pada jarak 6 m atau 3 m dengan cermin untuk jarak jauh tetapi yang menjadi pertanyaan apakah power / ukurannya juga sama pada saat mereka membaca ataupun berada di depan komputer ? tentu tidak bukan ? walaupun mereka bisa melihat dengan jelas pada ukuran yang sama tetapi hanya sesaat, setelah satu atau dua jam pemakai akan merasa tajam penglihatannya berkurang atau menjadi kabur atau pusing seperti yang disebutkan dalam gejala mata lelah. Jadi jangan sampai salah persepsi ataupun pengertian pada produk lensa Antifatigue ini. Dan bagi yang mengalami keluhan dengan lensa Antifatigue ini silahkan datang kembali tempat anda membeli kacamata untuk komplain, pihak optik akan meneruskan kepada Essilor, dan Essilor akan cek secara keseluruhan dari akurasi power lensa, fitting, coating dsb. Serta perlu diingat pemasangan lensa Antifatiue ini membutuhkan PV seperti halnya lensa progresif, karena mengingat desain lensa ini adalah aspheris ( dari material airwear ).
    Pesan saya adalah ” selalu beli lensa Antifatigue / lensa Essilor dari optik yang memiliki plague re-seller Essilor “, dan anda akan mendapatkan lensa yang asli dari Essilor.

    • @Nina,
      nah, begini dong he he he… yang punya essilor, main ke rumah saya yang jelek ini….

      Kelihatannya sudah cukup jelas.. untuk penanya diatas dan penanya yang akan datang, tolong lihat diskusi di atas yaaa..

      Tolong bu NINA, khan banyak tuh pengetahuan produk mengenai essilor, baik teknis maupun feature marketingnya… tolong kirim dong.. ntar aku posting… tenang aja… gratis kok he he… walaupun kalau ada kiriman yaaa gak di tolak lho… lihat tuh komentar sampeyan yang paling bawah… ada iklannya lagi….. he he he.

      yaaa… saya tunggu artikel sampeyan dan sering kunjungi blog ini, share ke teman lain juga share ke seluruh mitra essilor (sebagai re-seller anda yaaa).
      :alay

      • @Nina

        “Dan sudah pasti tidak akan mempengaruhi power ataupun daya akomodasi serta semacamnya pada saat presbyop nanti, karena disini fungsinya bukan untuk membiasakan pemakai dengan ukuran / akomodasi tertentu, tetapi membantu si pemakai dalam berakomodasi pada saat melihat dekat, karena sudah pasti kita melakukan refraksi pada jarak 6 m atau 3 m dengan cermin untuk jarak jauh tetapi yang menjadi pertanyaan apakah power / ukurannya juga sama pada saat mereka membaca ataupun berada di depan komputer ?

        Maaf mbak Nin..bukannya terjadinya kelelahan / Asthenopia itu krn mata berakomodasi terus menerus pd saat melihat dekat yah??
        Kalo lensa ini membuat mata kita semakin berakomodasi utk melihat dekat, tidakkah kt akan semakin lelah???

        Maaf saya agak kurang mengerti dgn penjelasan anda di paragraf ini..bisakah tolong di perjelas..maklum lah saya sudah lama tdk belajar lensa..dan keterbatasan otak krn pengaruh usia membuat saya sulit mengerti kata2 tersebut :malu

  3. Tidak sengaja ketemu website ini. Saya memang lagi mencari info mengenai lensa Essilor anti-fatique ini karena agak khawatir kalau nantinya sudah beli, ternyata tidak cocok.

    Sebulan yang lalu, ukuran lensa saya naik dari -6,75 dan -3.00 menjadi -7.25 dan -3.50. Jadi ada peningkatan -0.50 di kedua mata (tidak ada plus / silinder). Setelah menggunakan kacamata baru ini, membaca dekat (di depan komputer maupun membaca) menjadi kabur. Tapi kalau melihat jauh, jelas sekali dibandingkan sebelumnya.

    Akibatnya kacamata lama saya tetap saya gunakan apabila sedang di depan komputer atau membaca. Kacamata baru dipakai hanya bila sedang keluar atau mengendarai mobil.

    Pernah di test menggunakan kacamata testing, kalau ditambah +1.25 di kedua lensa akan membuat jarak dekat lebih jelas.

    Pertanyaan saya adalah apakah lensa anti-fatique ini cocok untuk saya karena adanya +0.60 yang akan membantu jarak dekat? Apakah akan mempengaruhi penglihatan jarak jauh. FYI, saya cukup sensitif dengan luas pandang – maunya sejernih mungkin. Pernah ditawari progressive, namun saya rasa akan bermasalah karena terbaginya lensa dalam beberapa ukuran yang berbeda.

    Mohon pendapatnya. Terima kasih.

    • @Andi,
      Melihat kondisi bapak , kemungkinan ada sudah presbyopia, apakah usia anda sudah sekitar 42 tahunan..? jika yaaa maka memang demikian halnya.

      Artinya dengan histroy kacamata lama anda yang kurang -0.50 dari kondisi sekarang maka jika dipakai baca akan lebih enak, seolah dengan kacamata lama anda itu sudah terbantu ADD yang harusnya +1.25, sudah terisi +0.50, jadi hanya kurang +0.75 untuk baca dan itu masih bisa terbantu dengan akomodasi. Begitu pakai ukuran baru yang full koreksi maka untuk baca tidak ada bantuan sama sekali.

      Lensa anti f itu, sebenarnya kalau tidak salah bukan didesign untuk anda yang memang sudah ada presbyopia, karena lensa itu berfungsi untuk merilekskan dengan membantu memberikan nilai +- +0.60 D dan itu bervariasi juga dengan produk lainnya yang tentunya juga banyak di pasaran.

      namun secara teori dengan sudah anda coba dan rasakan kacamata lama dimana anda bisa membaca dengan bantuan seolah (+0.50) maka dengan lensa anti f itu maka kemungkinan besar anda bisa terbantu saat baca. namun demikian dengan bertambahnya usia nantinya anda tidak bisa lagi karena nilai + yang diperlukan saat baca akan lebih besar.
      :)

      • @Kastam,
        Terima kasih atas jawabannya. Memang usia saya sudah diatas 40 tahun. Sejalan dengan waktu, memang saya sadari ukuran plus akan bertambah besar. Namun sebisa mungkin saya manfaatkan teknologi lensa yang ada untuk bisa tetap memiliki keleluasaan dalam penglihatan tanpa terganggu dengan penggunaan lensa progressive i.e ibaratnya mau seperti lensa single vision tapi bisa membantu ukuran plusnya.

        Kalau saya tangkap, kelihatannya lensa anti-fatique ini bisa memberikan kenyamanan membaca dan memandang jauh karena terkompensasi dengan +0.60D. Apakah tambahan +0.60D ini seragam diseluruh lensa atau di area tertentu? Apakah ada kekurangan kenyamanan pada saat memandang jauh? Ini karena adanya kasus diatas dimana malah menyulitkan. Apakah ada optik yang bisa saya kunjungi untuk mencoba lensa anti-fatique tersebut sebelum membelinya? Terima kasih.

      • @Andi,
        Melihat penjelasan di atas… nilai plusnya di posisikan di bawah.. yaitu +- 4 mm di bawah fokus… artinya untuk jauh dan arah atas tidak masalah.

        jadi memang untuk kegiatan dekat atau membaca.

        Kalau optiknya saya belum yakin betul, dimana bisa .. tapi sebenanrnya anda bisa mengunjungi optik yang menjual lensa essilor dan itu banyak sekali , terutama optik besar.
        Atau kunjungi web essilor… search di google yaaa essilor indonesia.
        :tkp

  4. Soegeng Ibrahim says:

    Ubtuk teman sejawat dan para penanya bloknya Pak Kastam,

    Lensa Anti Strain, lensa digolongkan dalam Advanced Single Vision.

    Lensa ini mempunyai konsep seperti lensa progressive hanya saja pengaturan perubahan ukurannya dibatasi dibawah +1.00 D.

    Fungsi pembatasan inilah yang membuat perbedaan lensa untuk mengkoreksi presbyopia dan …………….

    Para pemakai lensa SV yang lama berinteraksi dengan penglihatan dekat sudah pasti membutuhkan lensa tambahan untuk mengkoreksi daya akomodasi (lack of accomodation) besaran ini lebih kurang +0.50 sampai dibawah +1.00.

    Penggunaaan lens SV biasa dalam jangka waktu lama didepan komputer, meja kerja akan memacu proses akomodasi yang kuat, sehingga akan menyebabkan gejala-gejala Asthenopia mata lelah, penglihatan terkadang kabur atau gejala

    Asthenopia (aesthenopia) or eye strain is an ophthalmological condition that manifests itself through nonspecific symptoms such as fatigue, pain in or around the eyes, blurred vision, headache and occasional double vision. Symptoms often occur after reading, computer work, or other close activities that involve tedious visual tasks.

    When concentrating on a visually intense task, such as continuously focusing on a book or computer monitor, the ciliary muscle tightens. This can cause the eyes to get irritated and uncomfortable. Giving the eyes a chance to focus on a distant object at least once an hour usually alleviates the problem.

    Cause
    Sometimes, asthenopia (aesthenopia) can be due to specific visual problems, such as uncorrected refraction errors or binocular vision problems like accommodative insufficiency or heterophoria.

    Accommodative insufficiency (AI) involves the inability of the eye to focus properly on an object. Approximately 80 percent of children diagnosed with CI

    ….break dulu ah……lanjut nanti ya

    • @Soegeng Ibrahim,
      Wah… terima kasih mas… walau belum tuntas….

      Sekalian tolong menjawab pertanyaannya vero di atas yaaa mas…

      Kalau boleh panjang begini kirim email aja mas… trus aku posting.. jadi kalau ada yang tanya aku link aja ke postnya.
      :tkp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco