subscribe: Posts | Comments | Email

Lensa Progressive Essilor Varilux Physio

12 comments
Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

Kembali, saya akan menulis tentang suatu produk yang dari sisi Judul dan isinya nantinya kesannya adalah promosi sebuah produk, namun itu bukan maksud saya, walaupun bisa saja diterjemahkan demikian. Hal ini semata karena ada informasi dan sedikit pengetahuan sehingga saya tuangkan dalam tulisan, semoga menjadi pengetahuan tambahan bagi yang belum tahu.

Lain dari itu, di bidang saya sekarang juga ada dan akan semakin populer yaitu dibidang Lasik, dimana dalam pemeriksaan ke pasien akan diperiksa dulu tingkat abberasi seseorang dengan sebuah alat canggih yang di sebut WASCA Analyzer. Pemeriksaan Wasca itu menagkap semua informasi dari sinar yang dipancarkan ke mata dan sinar itu akan kembali balik ke arah depan mata, kemudian ditangkap oleh mesin itu dan petakan sebagai pola. Jadi Wasca itu adalah hasil dari keseluuruhan sistem mata. Beda dengan refraksi dimana hanya media refraksi saja dimana sinar yang di periksa hanya secara lurus ke arah mata, kalau WASCA itu balikan sinar yang sudah masuk ke mata, jadi keseluruhan. Dimana output atau hasil yang didapat dari pemeriksaan itu adalah akan ditemukannya apakah seseorang itu mempunyai kelainan atau mempunyai abberasi tinggi atau tidak.

Apa yang di rasa oleh orang yang mempunyai abberasi tinggi atau biasa kita sebut ‘High Order Abberation’ ?. Sebagai ilustrasi adalah misal anda myopia dan sudah memakai kacamata, dengan kacamata itu anda sudah mencapai visus atau mempunyai tajam penglihatan 20/20 atau normal, sedang teman anda juga demikian sama seperti anda. Suatu ketika anda dan teman anda melihat suatu objek atau katakanlah suatu huruf E besar, seperti dalam snellen chart untuk periksa mata, temen anda melihat dengan jelas dan tajam, tanpa ada bayangan ataupun bias di pinggir – pingir huruf itu, soooo cleeeeeaaaaarrr. Sedang anda bisa membaca dengan jelas, namun anda bisa menceritakan kelihatannya ada bias di pinggir garis-garis huruf E tersebut, sehingga bukan berarti tidak jelas, namun kontras atau resolusi dari huruf E itu seolah rendah. Nah, keadaan seperti itulah yang disebut anda mempunyai kondisi ‘High Order Abberation’ atau punya aberasi tinggi.

Dalam dunia laser dan astronomi memang telah dilakukan penelitian dan hasilnya telah diterapkan khususnya yang saya tahu di bidang laser yaitu adanya treatment untuk lasik dengan istilah Wavefront Lasik. Yang akan meminimalkan atau menghilangkan aberasi dalam mata anda .

Menyambung topik dari judul di atas, bahwasanya lensa progressif yang  ‘mungkin anda pakai sekarang’ itu adalah lensa progressif yang ‘mungkin’ banyak menimbulkan aberasi dan distorsi tentunya. Anda tidak akan jelas melihat pada daerah tertentu, seolah hanya satu titik saja yang jelas, padahal anda ingin melihat seperti halnya dahulu masih muda dan belum berkacamata, dimana melihat kearah mana saja tidak ada masalah.

Karena lensa progressif yang demikian maka essilor mengadaptasi dari teknologi yang saya ceritakan di atas, maka muncullah teknologi baru yaitu Varilux W.A.V.E Technology. WAVE singkatan dari Wavefront Advanced Vision Enhancement yaitu sebuah terobosan dan peningkatan teknologi wavefront yang sudah ada untuk penglihatan yang beresolusi tinggi. Maka lahirlah lensa progressive Essilor Varilux Physio.

Anda juga tahu bahwa untuk melihat ukuran lensa progressif tidaklah mudah, karena setiap detail tempat bisa mempunyai power yang berbeda, bagaimana lensa itu bisa mempunyai ukuran yang presisi, maka lensa ini juga mempunyai teknologi yang sudah dipatentkan yaitu Essilor Advanced Digital Surfacing, (kayak di klinik saya juga yaaa, teknologi sekarang semua bilang ADVANCED, seperti Advanced Asperic Lasik). Dengan teknologi itu menjamin ketepatan power atau ukuran di lensa secara maksimum, dan sangat cocok untuk orang yang mempunyai ukuran yang kompleks maksudnya mungkin ada spheris ada cylinder ada plus atau Add, memberikan kenyamana yang maksimal bagi penggunanya, tentunya.

Secara fungsi pada lensa progressif sudah pernah saya bahas, namun dalam hal lensa ini ditawarkan bahwa untuk penglihatan jarak jauh anda akan mendapatkan peningkatan kontras dan memiliki ketajaman penglihatan yang yang terbaik sepanjang hari.

Dalam jarak menengah, anda akan memdapatkan luas lapang pandang yang lebih luas di banding lensa lainnya walaupun essilor yang lainnya?, seperti anda yang aktif di komputer maka penglihatan medium untuk pekerjaan anda akan terasa lebih mudah.

Sedangkan untuk jarak dekat, sangat memungkin anda untuk berada pada posisi tubuh yang sangat alami layaknya seperti anda sewaktu belum memakai lensa progressive (masih muda), serta mempunyai akurasi penglihatan pada jarak dekat.

Nah, itu saja untuk informasi lebih lengkap anda bisa menanyakan langsung pada pihak suplier atau optik yang menjual lensa tersebut. Semoga bermanfaat… Amin.

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

harga lensa progresif essilor (25), apakah varilux series esilor itu? (1), harga lensa essilor progresive (1), harga lensa essilor varilux psyo (1), harga lensa progressif (1), pdf indonesia lensa progresif dengan desain freeform (1)
  1. Yos Marshal says:

    share info tidak selalu promosi, orang awam mengetahui tidak selalu akan membeli.. untuk Admin tetap semangat untuk terus berbagi dengan tetap mmpertahankan netralitas dan objektif… ijin copas bos….

  2. Yos Marshal says:

    share info tidak selalu promosi, orang awam mengetahui tidak selalu akan membeli.. untuk Admin tetap semangat untuk terus berbagi dengan tetap mmpertahankan netralitas dan objektif… ijin copas bos…

  3. hahaha lucu juga… untuk itulah perlunya ada RO di Optik agar optik bisa menjelaskan apa yang dijual sesuai kebutuhan konsumen secara obyektif. Jadi konsumen puas dengan produk yang di beli.Jadi tehnologi yang di jual suplier kita sesuaikan isi kantong dan kebutuhan konsumen.
    dan yang paling penting dalam menjelaskan produk jangan menimbulkan ekpektasi yang terlalu tinggi dalam diri konsumen.
    salam sukses…

  4. @Mas Soegeng:

    Wah… lama banget nih gak berkunjung di halaman ku…. jadi kangen ama komentarnya.
    BTW, mana materi yang di janjikan… dah nunggu lama nih dan lumayan banyak juga loh remindernya…

    Trus untuk koment di atas:
    Mungkin sampeyan udah nanya… atau sampeyan udah 40 an khan ha ha haa gimana mas ceritanya… pengalamannya….

  5. Soegeng Ibrahim says:

    Dear all,

    Apakah anda sudah bertanya lebih mendalam kepada para 40 something ? dan mengalami presbiopia ? Pengalaman yang dikemudian hari akan kita rasakan.

    Believe it !

    Soegeng Ibrrahim
    Nikkei Indonesia

  6. Ini opini dan berdasarkan pengalaman saya ya! begini, semua produsen lensa memang mencap produk mereka nomor satu di kelasnya tapi menurut saya betul kata mas Denny, kalau lensa progressive “secanggih” apapun ga akan memberikan kenyamanan full 100 %. Baiknya kita sebagai praktisi Optik menyadari hal ini dengan memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kepada konsumen kita mengenai produk yang kita tawarkan, jangan sampai konsumen merasa “tertipu” dengan harga yang super “expensive” dengan hasil yang biasa saja alias barang ga sesuai kocek yang dikeluarkan konsumen, walau saya pun “jualan” beberapa merek lensa premium…

    It’s all about the design…

    Terima kasih

    Diptha Adrian
    Kasoem & Co. Optical

  7. mohon maaf atas komentar saya berikut ini.moga kita bisa saling berbagi informasi. teknologi pembuatan lensa telah berkembang begitu pesat,namun itu semua tetap diperlukan kepedulian dalam menentukan jenis lensa tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.seorang customer selayaknya menyampaikan harapan yang diinginkan berupa apa yang menjadi masalahnya,pekerjaannya apa2.apapun jenis lensa progresifnya tetap tidak bisa secara instan memuaskan 100% harapan customer,tapi setidaknya ada nilai lebih bila dibandingkan dengan tidak menggunakan lensa progresif.inisiatif pembuatan lensa progressive sendiri adalah dari segi kosmetik(baca tidak ingin terlihat ada batas) dan kenyamanan pada saat melihat jarak sedang(40cm-2m).lensa bifokal tidak dapat mengakomodir jarak medium tsb. pembuatan lensa terbaru adalah dengan menggunakan teknologi free-form.teknologi ini mengadopsi cara kerja mesin printer pada komputer,dimana pembuatan lensa di klaim dibuat sesuai kebutuhan dan kemudian data itu dimasukkan ke dalam mesin pembuat lensa dan lensa terproses.namun tetaplah ini adalah lensa progressive yang tidak memberikan jaminan secara 100% sebagaimana dilansir dalam beberapa literatur ataupun brosur2 di khalayak.selalu akan ada bagian yang membuat tidak nyaman terutama pada saat melirik.kesuksesan penggunaan lensa ini terletak pada motivasi dan memberikan margin yang secukupnya pada nilai ketidakpuasan.selain aspek tersebut di atas kita juga perlu memberi ruang pada lapisan anti refleksi dan atau proses pembuatan lensa secara komprehensif. Saya yakin progresif adalah sebuah solusi terburuk dari yang paling buruk. bila anda menginginkan data2 perihal lensa2 dan prosesnya,layangkan email ke dennyvian@yahoo.com atau grup dunia mata dan optikal(FB).terima kasih

  8. paking bohongan nih… niat ininya kan dagang nyari duit… sudahlah woi… nggak usah lu bohongin lagi masyarakat

    • @doni,
      Sebenarnya bohongin gimana sih…,
      Semua khan ilmiah, teknologi dan hidup ini akan terus berkembang baik teknologi maupun kehidupan ini.

      Coba ilmuwan gak menemukan teknologi dan pabrik lensa tidak produksi lensa….
      Berapa juta orang tidak bisa melihat.. (yang sekarang tergantung kacamata…;)

      Coba renungkan….
      Saya sendiri gak jual kok… karena tidak punya optik.. he he he

      • @Kastam, opini ini adalah bohong bagi orang yang tidak mengerti lensa dan tidak peduli ,coba sedikit saja anda mau tau -bisa saja pandangan anda berubah.
        Untuk bapak kastam, teruslah berikan yang terbaik ,semoga sukses selalu.

      • @desron,
        memang itu hanya cara pandang dan tidak mau tahu…
        Sabar— sabar yaaa..

        Semoga dari pihak produsen bisa menjelaskan yaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco