subscribe: Posts | Comments | Email

Membuka Toko Kacamata atau Optik

0 comments
Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

Sebuah Optik Sebelum bicara panjang lebar, perlu di luruskan dahulu antara toko kacamata dengan optik. Sekilas tidak jauh beda dengan Toko obat dan Apotek. Keduanya bisa untuk “mengelabuhi” undang-undang atau pemerintah dalam hal perijinan dan syarat yang berlaku. Paham khan maksud saya…

Toko kacamata mungkin, mungkin lho yaa nggak perlu ijin, yaaa seperti toko biasa aja, namun jual kacamata, TAPI secara wewenang tidak boleh menjual membuat kacamata resep, jadi misal jual sunglass atau frame aja layaknya grosir gitu, Nah… kalo Optik atau Optikal maka bisa semuanya, mulai dari menjual barangnya, melakukan pemeriksaan membuat lensa dan sebagainya.

Bahasan ini bermula dari pertanyaan Bapak Diwan di komentar ini, sebagai berikut:


Mas Kastam, saya ada rencana ingin membuka toko kacamata.
Surat izin apa aja yg perlu saya sediain untuk bisa membuka toko kacamata tsb ??
Trus saya blom memiliki surat ijazah RO. Gimana cara mendapatkannya ya??
Apa ada semacam sekolah gitu ???
Kalo ingin menyediakan tenaga RO, brapa besaran gaji yg biasanya diberikan kepadanya?

Apa perbedaan “alat periksa mata yg lengkap dgn/ada tempat duduk” dengan “alat periksa mata yg modelnya seperti kacamata dimana lensanya bisa diganti2 tsb” ??

Maaf, saya masih baru dalam hal ini, mohon bantuannya….

Terima kasih..

Untuk itu baiklah karena kalu saya jawab via komentar terlalu panjang dan lebar jadi di sini aja ya…

Saya ucapkan selamat anda tertarik di bidang usaha perkacamatan dan terus terang dunia optik masih sangat menjajikan seiring makin banyaknya produknya dan calon pemakainya :) Tapi kalau di lihat dari pertanyaan selanjutnya sepertinya yang di maksud adalah membuka OPTIK, karena banyak ijin yang di tanyakan dst….

Surat ijin yang harus anda sediakan adalah SIPO (Surat ijin Penyelenggaraan Optikal), Nah bagaimana mengurus dan apa saja syaratnya udah saya bahas di posting terdahulu silakan lihat di SIPO,

Sebagai pengusaha anda tidak harus mempunyai ijasah RO, tapi kalau mau yaa otomatis kuliah dulu di ARO (Akademi Refraksi Optisi) contohnya di ARO MEDAN dan banyak lagi di Jakarta, namun artikelnya belum ada. Namun yang penting jika itu tentu memakan waktu lama dan anda sudah ingin membuka optik anda, maka anda bisa merekrut RO yang anda tunjuk nantinya sebagai Penanggung Jawab Optikal anda.

Tentang gaji tentu itu sangat variatif tergantung nego anda dengan calon RO anda, tentu di lihat juga pengalaman kerjanya dan di mana RO selama ini kerja, untuk kisaran saya tidak bisa sebutkan di sini.

Perbedaan alat periksa yang ada kursi duduknya lengkap dengan yang di ganti-ganti lensanya adalah:

Mungkin maksudnya adalah antara pakai phoroptor dengan trial lensa, Awal mulanya memang pakai yang kedua yaitu dengan trial lens di mana proses pemeriksaan matanya dengan mengganti lensa yang ada di depan muka pasien dimana di beri semacam kacamata (Trial Frame). Dengan perkembangan teknologi di sederhanakan dan di mudahkan dengan membuatkan wadah lensa menjadi compact di mana di dalamnya ada semua ukuran lensa yang di perlukan, sehingga untuk mengganti lensanya cukup diputar-putar saja dan lensanya sudah berubah. Nah, kalo ada tempat duduk dan tidak itu gak jadi soal, karena yang pakai trial juga harus pakai tempat duduk. Memang yang phoroptor biasanya sudah satu set dengan kursi periksa di mana kursinya bisa di buat naik turun dsb.

 

Ok….

Gimana sudah siap, silakan kalau masih ada yang di tanyakan atau perlu konsultan?  ha ha ha , semoga membantu.

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

toko optik online (41), yhs-per_003 (18), syarat membuka usaha optik (12), cara jualan kcamata (1), contoh proposal usaha optikal kacamata (1), cooh soal tes buta warna tersulit (1), ijazah sd bisa gk buka optik (1), izin toko kacamata (1), tips sukses pengusaha kacamata (1)

SUDAH PERNAH TAHU YANG INI...? ... PENASARAN KHAN...?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco