subscribe: Posts | Comments | Email

Anatomi Mata – Kornea

4 comments
Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

Kornea adalah bagian mata yang paling depan, yang tidak berwarna atau bening, yang secara awan kita lihat seolah-olah hitam atau coklat atau biru dan sebagainya. Nah sebenarnya warna itu bukanlah kornea tapi itu adalah warna irisyang ada di belakang kornea. Jadi tembus oleh karena kornea itu bening adanya.

Kornea tidak ada pembuluh darah, makanannya berasal dari oksigen dan dari air mata yang membasahi kornea itu. Maka begitu kornea tertutup lama, misal memakai lensa kontak pada waktu tidur maka akan kekurangan oksigen atau hypoksia yang akibatnya mata kelihatan merah. Merah di sini karena pembuluh darah yang ada di konjungtiva dan sclera akan mengirim oksigen yang ada dalam darah dan akan mengakibatkan munculnya pembuluh darah baru atau neovaskularisasi, hal merupakan salah satu komplikasi pemakai lensa kontak.

Kornea mempunyai kekuatan dioptri yang sangat besar sekitar 43.00 D berfungsi untuk membiaskan atau membelokkan sinar yang masuk ke mata, sehingga dengan sedikit perubahan kelengkungannya saja akan berdampak /efek yang besar pula untuk merubah jatuhnya sinar atau fokusnya sinar di dalam mata.

Lapisan kornea ada 5 yaitu:

  1. Epitelium kornea, lapisan tipis yang terdiri dari banyak jaringan di mana punya kemampuan untuk tumbuh dengan cepaty dan selalau menjaga kebasahan dengan adanya air mata
  2. Lapisan Bowman, sebuah lapisan atau jaringan kolagen yang melindungi stroma
  3. Stroma, lapisan yang paling tebal di bagian tengah dan di sinilah laser pada lasik itu mengambil jaringan, terdiri dari jaringan kolagen juga dan sekitar ada 200 lapisan
  4. Membran Descemet, lapisan di belakang yang merupakan lapisan  tipis
  5. Endothelium, Lapisan paling belakang yang terdiri dari satu layer mitokondria.

ps: + source: http://en.wikipedia.org/

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

lapisan kornea (626), kornea (366), Kornea mata (138), gambar kornea mata (92), Apa yang dimaksud kornea mata (1), Apakah yang dimaksud kornea mata (1), lapisan kornea terdiri dari (1)
  1. soni murbay says:

    salam kenal.
    saya mau tanya soal perbedaan antara operasi katarak dengan pencangkokan kornea.

  2. ZEFANYA says:

    Sebagai seorang awam ilmu kedokteran khususnya anatomi mata manusia,blok ini sanggat-sangat membantu saya untuk menghargai dan merawat mata dengan cara yang benar.
    Terima kasih Pak Kastam. God bless you

  3. sanagat jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco