subscribe: Posts | Comments | Email

Pterigium atau Selaput Mata

35 comments
Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

Pterigium adalah suatu timbunan atau benjolan pada selaput lendir atau konjungtiva yang bentuknya seperti segitiga dengan puncak berada di di arah kornea.

PterigiumTimbunan atau benjolan ini bikin penderitanya agak kurang nyaman karena biasanya akan berkembang dan semakin membesar dan mengarak ke daerah kornea, sehingga bisa jadi menutup kornea dari arah nasal dan sampai ke pupil, jika sampai menutup pupil maka penglihatan kita akan terganggu.

Apa yang menyebabkan Pterigium?

Yang pasti belum di ketahui dengan jelas, namun banyak di jumpai di daerah pantai sehingga kemungkinan penyebabnya adalah adanya rangsangan dari udara panas, juga bagi orang yang sering berkendara motor tapa helm penutup atau kacamata pelindung, sehingga adanya rangsangan debu jalanan yang kotor bisa mengakibatkan timbunan lemak tersebut.

Keluhan yang sering terjadi adalah mata sering merah dan sangat terasa sekali saat kena debu luar. Sampai saat ini pengobatannya hanya mencegah mata merah saja di samping yang pasti adalah tindakan operasi kecil, yaitu dengan membuang benjolan tersebut. Operasinya cepat hanya di bius lokal dan langsung bisa di kupas pterigiumnya.



Tindakan operasi di lakukan jika sudah masuk ke kornea dan mengganggu penglihatan. Akan muncul masalah baru yaitu seringnya tumbuh kembali atau kambuh untuk pterigium ini. Jadi sarannya yaaa hidup bersih aja. Ok

Semoga bisa membantu. Anda punya pterigium, silakan amati di cermin, lihat bagian nasal atau bagian sudut kelopak bagian dalam dekat hidung, adakah benjolan warna kekuningan…, jika ada segera pergi ke dokter mata yaaa…

www.clinicabenidorm.com/

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

pterigium (495), pterigium adalah (114), selaput mata (63), laporan pendahuluan pterigium (56), askep pterygium (18), obat mata merah dan selaput putih menutupi kornea (6), cara menghilangkan lemak pada mata (3), obat mata kucing selaputnya menutupi kornea mata (2), cara menghilangkan selaput putih pada mata (2), netes mata pake darah belut (1), nama penyakit lendir dimata (1), merawat pterigium dengan qurrota aini (1), mengobati lemak di mata (1), mengapa ada sedikit benjolan di bola mata (1), mata tumbuh daging (1), tumbuh lendir dimata (1), obat untuk hilangkan lendir pd selaput mata (1), operasi peteregium di rs aini (1), penyebab adanya lemak dimata (1), piterigium mata dan softlens boleh kah (1), obat untuk lemak di mata (1), pterygium menutup mata Cara mengatasi secara alami (1), selaput yg menutupi mata (1), tumbuh benjolan putih dimata (1), lendir menutup mata (1), lemak tumbuh di mata (1), lemak segitiga di kornea mata (1), bpjs operasi mata preligium (1), bola mata ada lemak (1), biaya operasi mata karna selaput mata berapa ya (1), berbahayakah penyakit mata pterygium/pinguekula (1), Benjolan dalam bola mata (1), bahayakah lemak pada mata (1), bahayakah lemak pada bola mata (1), apa selaput lendir di mata (1), cara megobati mata merah dan ada daging tmbuh kecil (1), Cara menghilangkan Benjolan di bola mata (1), cara menghilangkan lemak bola mata (1), lemak pada bola mata disebut (1), kenapa pterigium pada nasal (1), jual kacamata untuk penderita pterygium (1), di bola mata tumbuh daging kecil bagaimana cara pegobatannya (1), cara menghilangkan selaput putih di mata (1), cara menghilangkan lendir di mata (1), cara menghilangkan lemak mata (1), cara menghilangkan lemak dimata (1), Apa obat law ada benjolan kecil di mata putih (1)
  1. pak mata kiri saya persis kyk ciri2 pterigium gt. Dulu2 jg pernah gt, tp diobatin dgn cara dites pake darah belut. Tp stelah 3tahun gk kambuh skrg kambuh lg. Kalo pake darah belut gt gmn pak? thanks before :)

  2. pak, mata saya kanan sering ada benjolan merah yg kadang muncul tapi seringkali hilang sendiri. benjolan muncul lumayan besar tetapi tidak sampai menyentuh bagian hitam mata. saya mulai merasakan munculnya bnjolan ini sejak saya pakai lensa kontak.
    mohon penjelasannya apa ini termasuk PTERIGIUM ???
    bagaimana dengan pengobatan yang menggunakan air cem-ceman kembang melati?? apa bisa mngurangi minus juga??

    • Sebaiknya diperiksakan ke dokter. Kecuali kondisinya seperti mirip gambar di artikel bisa jadi pterigium atau search aja mungkin pinguekula.

      Air cem ceman kembang melati, secara medis saya belum pernah dengar.
      Yang pasti dengan operasi lasik bisa menghilangkan minusnya.

  3. di mata saya kecil……saya ingin mengobatinya………….apkah obat babak..di jamin bisa menyembuhkan mata saya……….

  4. maksudnya tumbuhnya gimana yaaa… kalau dari munculnya yaaa itu masing-masing ada yang cepet dan ada yang tidak pernah kena pterigium sama sekali atau kalaupun ada bisa jadi hanya tipis dan itu gak masalah.

  5. Pak, brapa lama tumbuhnya pterigium?

  6. saya kurang tahu persis, tapi kalau kasiatnya untuk mata merah itu tidak bisa, karena ini merupakan timbunan lemak dan lengket – ket… jadi umumnya di operasi dengan kayak di ‘kupas’ gitu…

  7. pak law di obati dengan yang herbal gimna kan da tuh kembang kitolod, yg bisa meredakan mata merah tu bisa gak dipake?

  8. dokter saya mau tanya, kenapa pterigium itu selalu tumbuhnya dari nasal menjalar ke kornea? mohon penjelasanya…

    • @mita,
      Ma’af saya bukan dokter. Saya RO.

      Pterigium selalu arahnya dari nasal ke kornea karena ada sel-sel yang memang hanya tumbuh dan banyak di sekitar nasal. Untuk di bagian temporal, superior dan inferior tidak sebanyak di nasal.

      Cuman nama selnya saya lupa itu secara patofisiologinya. :malu2

  9. saya juga penderita pterygium sdh prnh diopersi n tumbuh lg. mgkin krn usia yg msh muda 26 thn. bwt yg msh usia md pikir2x dl kalo mau operasi ntar tumbuh lg. kalo percaya coba pengobatan herbal, ada kok surfing aja. lagian pede aja lg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco