Pterigium atau Selaput Mata

Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

Pterigium adalah suatu timbunan atau benjolan pada selaput lendir atau konjungtiva yang bentuknya seperti segitiga dengan puncak berada di di arah kornea.

PterigiumTimbunan atau benjolan ini bikin penderitanya agak kurang nyaman karena biasanya akan berkembang dan semakin membesar dan mengarak ke daerah kornea, sehingga bisa jadi menutup kornea dari arah nasal dan sampai ke pupil, jika sampai menutup pupil maka penglihatan kita akan terganggu.

Apa yang menyebabkan Pterigium?

Yang pasti belum di ketahui dengan jelas, namun banyak di jumpai di daerah pantai sehingga kemungkinan penyebabnya adalah adanya rangsangan dari udara panas, juga bagi orang yang sering berkendara motor tapa helm penutup atau kacamata pelindung, sehingga adanya rangsangan debu jalanan yang kotor bisa mengakibatkan timbunan lemak tersebut.

Keluhan yang sering terjadi adalah mata sering merah dan sangat terasa sekali saat kena debu luar. Sampai saat ini pengobatannya hanya mencegah mata merah saja di samping yang pasti adalah tindakan operasi kecil, yaitu dengan membuang benjolan tersebut. Operasinya cepat hanya di bius lokal dan langsung bisa di kupas pterigiumnya.



Tindakan operasi di lakukan jika sudah masuk ke kornea dan mengganggu penglihatan. Akan muncul masalah baru yaitu seringnya tumbuh kembali atau kambuh untuk pterigium ini. Jadi sarannya yaaa hidup bersih aja. Ok

Semoga bisa membantu. Anda punya pterigium, silakan amati di cermin, lihat bagian nasal atau bagian sudut kelopak bagian dalam dekat hidung, adakah benjolan warna kekuningan…, jika ada segera pergi ke dokter mata yaaa…

www.clinicabenidorm.com/

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

pterigium (495), pterigium adalah (114), laporan pendahuluan pterigium (87), selaput mata (63), askep pterygium (22)

1 Comment on Pterigium atau Selaput Mata

  1. hari rahmat ramdani // 30 October 2015 at 4:55 pm // Reply

    Pak.say menderita sudah min 1/2.mata saya gak bisa liat jauh..sudah pake kacamata.ada yang nyaranin dicoba pke darah belut,apakah akan ada efek samping atau gmna??belum dicoba si.

1 2 3

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


[+] kaskus emoticons nartzco

Protected with SiteGuarding.com Antivirus