subscribe: Posts | Comments | Email

Lensa Kacamata Menurut Ukurannya

12 comments
Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

lensa Lensa kacamata yang anda semua pakai tentu punya ukuran, meskipun kadang juga normal, nah normal itu juga ukuran, sebagaimana ada yang minus, plus cylinder bahkan prisma.
Kali ini saya akan sampaikan apa saja sih golongan lensa kacamata menurut ukurannya.

  • Spheris (Sph) dengan simbol S
  • Cylinder (Cyl) dengan simbol C
  • Prisma , dengan berbagai Base dengan simbol segitiga

Sekarang kita tengok, satu-persatu.

Lensa SpherisLensa Spheris adalah lensa dimana semua meridiannya mempunyai kekuatan yang sama. Lensa itu jika di ukur dengan alat ukur kekuatan lensa yaitu lensometer, maka mau di tengah, di tengah agak pinggir, di pinggir maka akan ditunjukan dengan nilai ukuran yang sama, misal S-1.00 D, S+1.00D dsb.

Lensa Cylinder adalah lensa mempunyai kekuatan yang berbeda pada meridian yang saling tegak lurus. Jadi misal (lihat gambar di atas) pada 0 searah 180 itu kekuatannya -1.00D maka pada garis 90 kekuatannya tidak -1.00D, yaa bisa berapa saja.

Nah selisih dari kekuatan yang saling tegak lurus itu adalah nilai cylindernya.

Contoh:

Pada 0 = -1.00 D

Pada 90 = -2.50 D >>>> maka Cylindernya adalah C-1.50D

Karena cylinder mengenal daerah meredian yang berhubungan dengan derajat, maka lensa cylider itu mempunyai axis atau sumbu, dimana sumbu atau axis lensa cylinder itu terletak pada meredian yang mempunyai kekuatan (secara aljabar) TERBESAR, maksudnya -1.00 itu lebih BESAR dari pada -4.00, sehingga jika pada meridian 0 = -1.00 dan pada meridian 90 = -4.00, maka ukuran lensa itu adalah: S-1.00 C-3.00 x 0.

Bagaimana menentukan Resep seperti itu? ( untuk cyl -)

Spheris : Aljabar terbesar ( -1.00)

Cylinder : Selisih antara aljabar besar dengan kecil dengan tanda –

Axis : Terletak pada aljabar besar ( x=0)

Kadang mungkin anda menjumpai resep dengan tanda cyl +, maka sebenarnya itu hanya penulisan saja, dan hal itu juga bisa di lakukan untuk resep diatas menjadi S-4.00 C+3.00×90, caranya dengan transposisi dengan aturan sebagai berikut:

S = Jumlahkan secara aljabar antara S dan Cyl ( jadi se tanda-tandanya di jumlahkan (-1.00+(-3.00)))

C = Ubah aja tandanya dari – ke + , atau sebaliknya

X = Tegak lurus dari axis sebelumya ( + atau – dengan 90) , gampang khan?

Nah, penentuan ini akan beda jika menggunakan lensometer, ntar di bahas yaaa, dan juga untuk prismanya di bahas satu posting tersendiri aja.

Semoga bermanfaat…

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

ukuran lensa kacamata (46), harga lensa kacamata minus 10 (13), arti 1 00D pada kaca mata (1), urutan tingkatan mata silinder (1), ukuran minus kacamata (1), ukuran mata minus (1), ukuran lensa kacamata minus (1), ukuran kacamata minus (1), SPH Lift 0 50 artinya apa (1), minus terkecil pada mata (1), kacamata s-2 5=c-1 50 ax 180 baca (1), gambar lensa spheris? (1), arti 36 pada kacamata rodenstock (1), urutan ukuran mata minus terkecil (1)
  1. salam sejawat mas kastam,,sangat bermanfaat sekli

  2. makasi banget…info transposisi ini susah didapat ya di internet…udah cari2 sumber baru nemuin ini yg dimengerti…

    tp saya kurang pahamnya..
    kapan sih perlu dilakukan transposisi…apa harus smua dilakukan transposisi?

    • hehehhee..
      Transposisi juga perlu di lakukan kok….
      Ini kadang kalau kita dapat resep dari luar negeri yang suka pakai cyl +.
      sedang di kita lensa di gosok ataupun daftar harga menggunakan cyl – .

      Tks

  3. mas Kastam salam kenal.
    cari-cari soal vonis minus/plus mata, saya baca blog Anda.
    bebrapa hari lalu saya dapat surat hasil pemeriksaan mata dari rumah sakit seperti berikut:

    Visus OD 0.7 Visus OS 0.7
    Koreksi Koreksi
    S – S –
    C -050×100 C -050×180
    Menjadi 1.0 menjadi 1.0

    RS ini memberikan surat hasil pemeriksaan tsb tanpa menjelaskan apakah mata saya minus, plus, atau silinder.
    Nah, saya minta tolong mas Kastam untuk menjelaskan apa arti dari simbol2 tersebut. Saya ini rabun dekat, rabun jauh, atau silinder ya mas? Hehe terima kasih banyak

    • @Nana;
      Baik, maaf saya telat reply…

      Target orang normal itu visus (tajam penglihatannya 1.0 atau 6/6 atau 20/20)

      nah tanpa kacamata berarti anda belum sampai 1.0 maka diberikan koreksi tersebut.

      Ada simbul S : Spheris (bisa Plus atau minus) ternyata tidak ada nilainya berarti anda tidak perlu ukuran minus atau plus biasa.

      namun ada simbol C -0.50 x100
      Artinya anda perlu koreksi C (Cylinder) berarti anda masuk dlam kategori Astigmatisme kedua mata, besarnya -0.50 D dan sumbu cylindernya yang kanan 100, ayng kiri 180.

      Jadi Diagnosa anda adalah Astigamtisme Simplek.
      Terima kasih

  4. Saya punya beberapa pertanyaan.
    1. Berapa harga lensa HI SUPERSIN minus 10 kiri dan kanan?
    2. Untuk minus segitu, apa ada lensa yang terlihat tipis selain dari kaca? Karena, penjual kacamata, nyaranin saya jangan pake lensa dari plastik karena akan terliat sangat tebal.
    3. Apa sih lensa crystal? Bagus mana dari lensa dari kaca atau plastik? Kemaren, saya sempat liat kalo lensa crystal lebih enteng.
    4. Makasi ya?

    • @Papylon,
      Untuk harga saya kurang tahu persis. Maksud supersin itu merk rodenstock atau hanya yang penting MC (multicoat- bening).

      Mau yang tipis pokoknya cari lensa glass dengan index paling tinggi. Ada yang 1.7 atau lebihnya lagi index 1.8
      Memang lensa glass lebih tipis di banding plastik.

      Lensa crystal, belum pernah dengar kalau crizal pernah dengar, namun maksudnya adalah lapisannya crizal dari essilor.
      Makasih juga telah berkunjung…

  5. supriyanto says:

    mas, yang lensa prisma belum dibahas lho…

  6. wah kita blajar transposisi nie
    =)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco