subscribe: Posts | Comments | Email

Ukuran Sebuah Bingkai atau Frame Kacamata

4 comments
Share on Facebook
Post to Google Buzz
Bookmark this on Yahoo Bookmark
Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Digg

Ibarat baju, kalo kita mau beli kan ada ukurannya tuh, XL, L, M, S atau bahkan yang di luar itu. Nah begitu juga kacamata ada juga ukurannya.

Di samping ukuran ini untuk bisa nyaman di pakai sesuai dengan besar kecil kepala kita, yang lebih penting lagi adalah ukuran itu untuk penentuan titik fokus dari lensa yang akan di pasang sehingga fokus lensa kacamata persis lurus dengan axial mata atau fokus mata kita.

Coba anda perhatikan kacamata anda ( kalo punya) ada tulisan 55 – 20 / 140, misalnya.

Apa itu artinya?
Angka 55 berarti panjang Rim atau Lens Size yang di hitung secara horisontal .
Angka 20 berarti panjang Bridge ( jembatan antara lensa kanan dan lensa kiri)
Angka 140 artinya panjang temple dari engsel sampai ujung temple.

Tanda atau angka itu biasanya ada di bagian temple sebelah dalam, di bridge, di ujung temple, di nosepade untuk frame plastik.

Data ukuran frame sangat penting dalam penentuanDiameter lensa yang akan dipergunakan,Selain data dari PD pemakai dan diagonal frame.

Misalnya, Size frame = 50 mm, bridge = 17, panjang temple = 135
PD = 62, diagonal frame = 60 mm.
Maka:

1. Mencari DV ( PD frame ):
DV = size frame + bridge size
50 mm + 17 mm
= 67 mm
2. Mencari diameter lensa
Diameter lensa = DV – PD pemakai + Diagonal frame
= 67 – 62 + 60
= 5 + 60
= 65 mm
Jadi diameter lensa yang bisa digunakan / diorder tanpa
Desentrasi adalah 65 mm.

Kata kunci sehingga sampai di artikel ini adalah:

kacamata untuk hidung pesek (126), ukuran kacamata (76), kacamata yang cocok untuk hidung pesek (58), model kacamata untuk hidung pesek (56), bentuk kacamata untuk hidung pesek (26), kacamata yang cocok untuk wajah bulat dan hidung pesek (2), Hidung pesek pantas pakek model kacamata apa? (1), sunglasess yang cocok untuk hidung pesek (1), Pilih model kacamata buat cewek yang berhidung pesek dan berjilbab (1), orang yang hidung pesek cocok memakai kacamata jenis apa? (1), contoh bentuk kacamata untuk wajah bulat dan hidung pesek (1), model kaca mata minus untuk hidung pesek (1), contoh kacamata pantai wanita yang pas untuk hidung pesek dan muka lebar (1), contoh kacamata pantai yang cocok untuk hidung pesek dan muka lebar (1), frame kacamata untuk mata sipit (1), kacamata hitam yang cocok untuk hidung pesek (1), kacamata bingkai hitam tebal minus nerdy (1), kaca mata untuk orang hidung pesek (1), kaca mata hitam yang cocok untuk muka bulat dan hidung pesek (1), kacamata sesuai bentuk wajah dan bentuk hidung pesek (1)
  1. Terima kasih infonya mas
    Tapi kalau sudah terlanjur membeli kacamata yang setelah di coba ternyata tidak pas bagaimana mas?

    • yaa kalau ada perjanjian bisa tuker silahkan, tapi kalau sudah milih dan sudah di coba berkali kali dan sudah merasa pas dan sudah di bawa pulang, ternyata tidak pas, maka diskusikan ama penjaga optiknya yaaaa… siapa tahu ada solusi terbaik.
      Tks

  2. @ Eben:
    Sebenarnya seberapa pesek sih Mas Eben?
    Ok lah, kira-kira begini:
    Perhatian utama adalah pada bagian bridge dan nosepad (lihat posting terdahulu). http://optikonline.info/2008/03/24/komponen-kacamata.html , jangan memilih dengan bridge yang lebar dan kacamata harus ada nosepad serta nosepad itu yang bisa dengan leluasa di stell
    Jangan memilih Frame dari plastik, karena kebanyakan tidak ada nosepad, memang kadang bisa di ganjal, tapi jadinya kurang bagus.
    Jangan sampai frame yang di pilih lebar sizenya kekecilan, karena nosepad akan semakin jauh dari hidung.
    Kira-kira itu dulu. mungkin ada yang mau nambahin?
    Dan yang pasti khan di coba dulu mas, saat beli.

  3. Kalo untuk hidung yang pesek, bagaimana caranya memilih frame yang bagus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco